Begini Perbedaan Rasa Cemburu Antara Laki-Laki Dan Perempuan

153303_100637_wanita_cemburu

Ada perbedaan rasa cemburu yang dirasakan wanita dengan kecemburan yang dirasakan pria. Hal itulah yang diungkapkan oleh sebuah penelitian di Norwegia, belum lama ini.

Universitas Sains dan Teknologi Norwegia (NTNU) bekerja sama dengan Universitas Texas AS  melakukan satu studi yang melibatkan 1.000 partisipan, untuk mempelajari perasaan cemburu dari perspektif gender. Hasil penelitian itu diterbitkan dalam jurnal akademik Elsevier.

Berdasarkan data yang diperoleh dari studi tersebut ditemukan bahwa laki-laki memiliki kecemburuan yang lebih besar dalam menanggapi perselingkuhan seksual yang dilakukan pasangannya. Sementara, kecemburuan perempuan atas perselingkuhan justru tidak sebesar yang dimiliki pria.

Kaum perempuan justru menjadi sangat pencemburu jika mengetahui pasangannya memiliki perasaan emosional yang kuat dengan wanita lain.“Kami merasa yakin bahwa reaksi kecemburan adalah mekanisme yang menjadi bagian dari evolusi pikiran manusia, mengingat temuan yang sebanding di beberapa negara,” kata peneliti, seperti dikutip Independent, Rabu (14/10).

Ada temuan lain yang cukup mengejutkan para psikolog evolusioner yang terlibat dalam penelitian tersebut. Yaitu, wanita yang lebih peduli tentang masalah emosional yang melekat pada pasangannya lebih memungkinkan untuk mengurusi anak tanpa harus bergantung kepada suaminya.

Associate Professor Mons Bendixen dari departemen psikologi NTNU menambahkan, pengalaman yang berkaitan dengan masalah perselingkuhan di masa lalu tampaknya tidak begitu memengaruhi reaksi, baik laki-laki maupun perempuan.