Bolehkah Istri Minta Cerai Hanya Karna Suami Menderita Penyakit Menular

kes-cerai-642x336

Assalamuallaikum Warahamatullahi Wabarakatuh.

USTADZ, saya adalah seorang ibu dari empat orang anak. Begini Ustadz, belakangan ini dokter memvonis bahwa suami saya terkenan penyakit menular yang akut. Setelah hasil semua pemeriksaan, menurut dokter, penyakit ini bisa menular kepada saya dan anak-anak. Penyakit ini juga bisa menular lewat hubungan suami istri.

Jujur Ustadz, saya sangat takut akan hal ini. Saya bingung. Apa yang harus saya lakukan Ustadz? Apakah boleh meminta cerai dalam kondisi seperti ini? Terima kasih.

UW

Wassalamuallaikum Warahamatullahi Wabarakatuh.

Dikutip dari islamqa.ca., kami memohon kepada Allah agar Allah menyembuhkan suami Anda. Nasihat untuk Anda, hendaknya Anda sabar dalam menghadapi musibah seperti ini. Hendaknya Anda berdiri di sisi suami (memberikan semangat). Berusaha sekuat tenaga untuk berobat, dan memperkecil kemungkinan penularan penyakit kepada Anda dan anak-anak Anda.

Kemudian, kalau tidak mungkin menjaga dari penyakit dan para dokter telah menegaskan bahwa penyakit tersebut menular, maka Anda diperbolehkan meminta cerai untuk menghilangkan dhoror (kepayahan). Telah diriwayatkan oleh Tirmizi, 1187. Abu Dawud, 2226. Ibnu Majah, 2055 dari Tsauban radhiallahu’anhu sesungguhnya Rasulullah sallallahu’alaihi wa sallam bersabda:ي

‘Wanita mana saja yang meminta kepada suaminya perceraian tanpa alasan (kuat). Maka dia diharamkan mencium bau surga.’ Hadits dishohehkan AL-Albany di Shoheh Tirmizi.