Tempat-Tempat Yang Disukai Jin Sebagai Tempat Tinggal

17jtnoxu6iqwbjpg

Kita sering mendengar kata “Jin”. Jin itu juga termasuk makhluk yang diciptaan Allah  api yang sangat panas, disebut juga juga disebutkan terbuat dari nyala api.

Dalam Alqur’an disebutkan:
Dan Kami telah menciptakan jin sebelum dari api yang sangat panas.(QS.Al-Hijr : 27)
Dan juga firman allah
dan Dia menciptakan jin dari nyala api.(QS.Ar-Rahman : 15 )

Jin terbagi dalam dua kelompok, ada Jin Islam dan jin kafir. Jin-jin kafir itu umum kita sebut dengan syaitan. Jin muslim yaitu jin yang melaksanakan ibadah serta menyembah Allah SWT, sedangkan jin kafir biasanya menjadi perantara untuk mnyesatkan manusia ke dalam keburukan.

Sebagai mahkluk kasat mata yang hidup di bumi, jin juga mempunyai tempat tinggal seperti halnya juga manusia. Tetapi dikarenakan wujudnya yang tidak bisa dilihat dengan mata, hingga kita tidak tahu keberadaan mereka. Meski demikian, kenyataannya kita sebenarnya tidak jauh dari kelompok jin. Sebab bisa saja saja mereka ada di sekeliling kita di manapun kita berada.

Anda mungkin ingin tahu di mana saja hunian jin. Atau Anda sudah tahu di mana jin-jin itu berteduh? mungkin saja, anda salah satu orang yang memelihara jin. Nauzubillah hi min zaliq..!!
Dan di bawah ini akan dijelaskan rumah atau hunian para bangsa jin yang perlu anda ketahui.

1. Di Rumah Manusia
Dari Sa’id Al-Khudri disebutkan Rasulullah SAW bersabda, ” Di dalam rumah ada penghuni-penghuni (jin) maka bila anda menyaksikan suatu hal (yang ganjil) maka usirlah ia 3 kali, apabila ia pergi maka biarkan, namun seandainya ia membandel (tidak ingin pergi) maka bunuhlah, karena ia pasti jin kafir, ” HR. Muslim

Rasulullah SAW bersabda, ” Tidak ada satu rumah orang muslim pun terkecuali di atap tempat tinggalnya ada jin muslim. Jika ia menyajikan makanan pagi, mereka (jin) juga turut makan pagi bersama-sama mereka. Jika makan sore disuguhkan, mereka (jin) juga turut makan sore bersama-sama orang-orang muslim. Hanya saja, Allah melindungi serta menghambat beberapa orang muslim itu dari gangguan jin-jin itu “ HR. Abu Bakar dalam Kitab Fathul Bari oleh Ibnu Hajar Atsqolani

2. Di Toilet atau Jamban
Inilah penyebab mengapa kita di haruskan membaca do’a saat sebelum pergi ke dalam kamar mandi atau tempat buang hajat, nyatanya didalam toilet itu merupakan hunian beberapa bangsa jin. Jadi, mulai saat ini teraturlah untuk membaca do’a saat sebelum ke kamar mandi supaya kita terlepas dari gangguan jin atau setan.

Dalam hadits, Rasulullah bersabda : “ Sesungguhnya jamban-jamban  itu ditempati oleh Jin ” HR. Abu Dawud, Nasa’i, Ibnu Majah serta Ahmad

3. Didalam Lubang
Rasulullah sungguh melarang kita untuk buang air kecil di lubang-lubang. Baik itu di tanah, batu, atau yang lain. Karena, didalam lubang-lubang itu terdapat hunian bangsa jin.

Dari Abdullah bin Sarjas, Rasulullah SAW bersabda, ” Jangan sampai seorang diantara kalian kencing di lubang “, mereka mengajukan pertanyaan pada Qatadah, ” Kenapa tidak bisa kencing di lubang? “, Qatadah menjawab, ” Rasulullah SAW mengemukakan dikarenakan lubang itu merupakan huniannya kelompok jin. “ HR. Nasai serta Ahmad

4. Di Padang Pasir serta Gua-gua
Kita kerap mendengar atau menyaksikan bahwa ada beberapa orang syirik yang melaksanakan pertapaan didalam gua. Ini nyatanya dikarenakan didalam gua terdapat hunian dari kelompok jin. Mereka meminta segala sesuatu hal dari kelompok jin ini, Astagfirullah.

Dari Ibnu Mas’ud ra. berkata, ” Pada Suatu hari kami (beberapa sahabat) berkumpul bersama-sama Rasulullah SAW tiba-tiba kami kehilangan beliau, dan kami mencarinya di lembah-lembah serta kampung-kampung (akan tetapi kami tidak mendapatkannya). Kami dan berkata, ” Rasulullah SAW telah diculik serta disandera. “

Saat malam itu, tidur kami benar-benar tidak menyenangkan. Saat pagi hari tiba, terlihat Rasulullah SAW tengah bergegas menuju kami dari arah suatu gua yang ada di dalam padang pasir.

Kami kemudian berkata, ” Ya Rasulullah, malam tadi kami benar-benar kehilangan engkau, dan kami cari cari ke sana kemari akan tetapi kami tidak mendapatkan engkau. Setelah itu kami tidur dengan amat tidak menyenangkan. ” Rasulullah SAW lalu bersabda, “ Malam tadi saya didatangi oleh utusan dari golongan Jin, ia membawa saya pergi menjumpai kaumnya untuk mengajarkan al-Qur’an, ” HR. Muslim

5. Di dalam Air
Iblis atau golongan jin memiliki kerajaan di atas air. Maka tidak heran jika banyak masyarakat yang percaya akan cerita Kanjeng Ratu Nyi Roro Kidul yang di percaya sebagai penguasa atau ratu laut selatan.

Dari Jabir Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya iblis memiliki singgasana di atas air,” (HR. Muslim dan Ahmad}

6. Di Pasar-pasar
Dalam hadits, Rasulullah bersabda, Janganlah kalian menjadi orang yang pertama kali masuk ke pasar atau menjadi orang yang paling akhir keluar dari pasar, karena pasar itu merupakan tempat berseterunya para syaithan. Dan di pasarlah syaithan menancapkan benderanya,” (HR. Muslim)

7. Di Masjid-masjid
Jika Anda pernah melihat sebuah sosok makhluk halus di masjid, maka bisa jadi Anda memang benar-benar melihatnya. Karena di dalam masjid juga terdapat golongan jin-jin muslim.

Kadang-kadang juga sering kita jumpai bahwa ada kisah orang-orang yang tidur di dalam masjid lalu mereka di pindahkan oleh jin saat tidur tanpa sadar.

Maka hal itu mungkin saja karena jin-jin memang juga berada di masjid, terutama jin yang muslim mereka juga ada yang tinggal di masjid dan melaksanakan shalat di masjid.

Dari Abu Shalih dari Ibnu Abbas ra. berkata bahwa jin telah berkata kepada Rasulullah SAW, “Wahai Rasulullah ijinkahlah kami (para jin) untuk ikut melakukan shalat secara berjamaah bersamamu di masjid mu.” Maka Allah menurunkan firman-Nya, “Dan sesungguhnya masjid-masjid itu kepunyaan Allah, dan janganlah kalian menyembah seorangpun di dalamnya di samping menyembah Allah” [QS. Jin ayat 18] [HR. Ibnu Abi Hatim dalam Tafsir Jalalain Jilid IV]

Nah, sekarang anda sudah mengetahui di mana jin- jin tersebut tinggal, sekarang pandai- pandailah bila berada di tempat- tempat tersebut.