HTI Bilang: Papua Lepas Haram!, Kok Masih Ada Yang Nuduh Macam-Macam?

DOK.Sholihah.web.id
Rubik Khusus Dapur Redaksi

Sholihah.web.id, Ancaman papua lepas dari Indonesia bukanlah hal yang main-main. Isu ini jauh-jauh hari terselip dalam perlawanan elemen gerakan papua merdeka yang  terang-terangan. Namun bukan menjadi bahan pikiran bersama, malah yang muncul disegelintir masyarakat adalah munculnya sikap salah tuding pemecah Indonesia pada Hizbut Tahrir. Padahal sejak 2007 lalu, isu Papua merdeka menjadi fokus bahasan dengan porsi besar dan serius di tubuh organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) ini.

Hal ini terbukti setelah redaksi sholihah menelusuri arsip dari website resmi hizbut tahrir Indonesia (bisa dicek di sini). Jika pembaca menelusuri dengan keyword ‘Separatisme papua’ akan didapati 8 page yang mengupas isu separatisme dan disintergasi bangsa dengan banyaknya artikel setiap page 10 artikel. Artinya kurang lebih ada 80 artikel yang membahas tuntas ancaman disintegrasi bangsa dan separatisme disertai solusi tuntas dan Islami. Sebuah kerja keras yang melelahkan yang patut bagi kita semua untuk bertanya “HTI ini organisasi macam apa?”.

Sudut padang redaksi sholihah dalam menilai HTI ini merupakan organisasi unik, politis, sangat peduli terhadap keutuhan Indonesia, dan menariknya hanya mengambil solusi yang datang dari Islam saja.


Kepedulian HTI terhadap keutuhan Indonesia terbilang dilematis. Kecintaan setiap anggotanya terhadap Indonesia selalu dituduh macam-macam padahal jelas bagaimanapun tidak akan masuk akal. [] Aab Elkarimi