Dari Pemerkosaan Gagang Cangkul hingga Impor Cangkul


Sholihah.web.id, Masih Ingat tragedi pilu Enno Farihah?. Seorang gadis 19 tahun yang tewas diperkosa dengan sadis menggunakan gagang cangkul yang ditusukan hingga menembus paru-paru. Tentu kita masih ingat, membuat semua pilu. Masyarakat gempar, juga ngilu. Di negeri ini cangkul bisa merenggut kehormatan dan menewaskan.

Lalu apa respon kita terkait pemberitaan impor cangkul yang ramai tempo lalu? dilansir dari merdeka.com, Pemerintah melalui PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) tercatat mengimpor cangkul dari China. Cangkul impor ini masuk melalui Medan pada Agustus lalu.

Meski telat ramai, namun patut untuk dijadikan pelajaran bahwa negeri ini telah dipecundangi oleh cangkul. Cangkul yang sejatinya menjadi simbol dari kegagahan agraria negeri ini malah menjadi boomerang dalam konteks kedaulatan dan abainya pemerintah terhadap keamanan. Dua kasus cangkul yang telah terjadi ini merupakan potret buram sistem kapitalisme demokrasi yang melahirkan dilema besar; neoliberalisme ekonomi dan liberalisme dalam pergaulan.

Terakhir, patut untuk kita renungkan bersama bahwa segala kerusakan yang terjadi, segala tindak kejahatan yang terlaksana, semata-mata karena sistem kapitalisme-demokrasi yang berhasil mnubah cangkul menjadi monster. Untuk itu redaksi sholihah mengajak bahwa dalam kehidupan tidak perlu main-main, kembalilah kepada aturan yang telah Allah turunkan. Tentu penerapan Syariah menjadi keharusan dan adanya Khilafah menjadi kebutuhan, karena Islam rahmatan lil alamin. []

Dari meja redaksi, Pimred Sholihah.web.id