Saat Umat Islam Meradang dengan Ahok, Jokowi Manfaatkan Momen untuk Lantik Kembali Archandra Tahar


Sholihah.web.id, Secara mengejutkan presiden Joko Widodo melantik dua bekas menteri yang sudah dicopot dari jabatan sebelumnya, sebagai Menteri dan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang baru pada Jum'at (14/10). 

Pada saat rakyat, khususnya umat Islam begitu geram dan marah terhadap hinaan Ahok, Jokowi manfaatkan momen ini untuk melantik Ignasius Jonan dan Archandra Tahar. Dua menteri yang sebelumnya dicopot karena bermasalah. Sebuah pilihan politis untuk tidak problematis.

Dikutip dari BBC.com, Jokowi berkilah usai pelantikan, bahwa penunjukkan ini "semata-mata isu manajemen."

Ignasius Jonan mengisi posisi yang sebetulnya ditinggalkan Archandra Tahar yang kini dilantik sebagai wakilnya.
Sebelumnya, Jonan menjabat sebagai Menteri Perhubungan, dan dicopot dalam perombakan kabinet kedua, menyusul sejumlah kontroversi 'kegaduhan,' antara lain terkait penentangannya terhadap pembangunan kereta api cepat Jakarta Bandung. 
Adapun Arcandra Tahar, sebelumnya dicopot dari jabatan sebagai Menteri ESDM pada 15 Agustus 2016, sesudah terungkap bahwa ia memiliki dua kewarganegaraan ganda, Indonesia dan Amerika Serikat.
Tentang kewargaan ganda, sebelum akhirnya dicopot, Archandra sempat berkilah dengan berbagai cara, didukung oleh para pejabat pemerintah Joko Widodo. Hal ini memicu perdebatan panas di media sosial dan di politik nasional. Namun sekarang, barangkali archandra telah lega.[]
Reporter: Yustia | Editor: Aab