Hasil Survei: Publik Semakin Percaya Polri



Sholihah - Indo Barometer kembali merilis hasil survei evaluasi publik selama 2,5 tahun pemerintahan Jokowi-JK. Tingkat kepercayaan kepada lembaga paling tinggi dari hasil survei itu masih lembaga kepresidenan.

Lembaga kepresidenan memiliki tingkat kepercayaan hingga 90,4 persen. Sementara TNI berada di urutan kedua 83,2 persen dan Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) 83 persen.

"Sementara Kejaksaan RI kini sudah berada berada di papan tengah dengan tingkat kepercayaan 57,1 persen. Sementara Polri tampak semakin baik dengan tingkat kepercayaan 39,5 persen," ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodari dalam paparan surveynya, di Jakarta Pusat, Rabu (22/3).

Qodari menambahkan, lembaga negara paling tidak dipercaya publik adalah DPR RI dengan tingkat kepercayaan 31,5 persen. Sementara DPD RI memiliki tingkat kepercayaan 50,7 persen.

Menanggapi hasil tersebut, Anggota DPR RI dari PDI Perjuangan Maruarar Sirait menilai peningkatan kepercayaan publik kepada lembaga Kejaksaan dan Polri merupakan hal itu wajar. Pasalnya, dua lembaga penegak hukum negara itu sudah banyak berbenah.

Dia mencontohkan Polri di bawah kepemimpinan Jenderal Tito Karnavian yang telah membuat banyak membuat terobosan-terobosan baru.

"Saya kira Pak Tito (Kapolri) sudah banyak melakukan terobosan-terobosan walaupun baru sekitar setahun memimpin Polri. Saya kira pelayanan sudah mulai membaik. Masyarakat mulai merasakan perubahan itu," pungkasnya. []Rmol